Home » » 016. ADAB BERDO'A (Tulisan oleh : BADRU ZAMAN)

016. ADAB BERDO'A (Tulisan oleh : BADRU ZAMAN)

1. Mengangkat kedua tanganDari Ibnu Abas ra berkata , Rosulullohi saw. Bersabda : janganlah menutupi tembok, dan siapa yang melihat kitab saudaranya tanpa izin, sesungguhnya ia melihat neraka. Mohonlah(berdo'alah) kepada Allah dengan menengadahkan telapak tanganmu, dan janganlah berdo'a dengan menelungkupkan tangan ke bawah, apabila sudah selesai berdo'a, maka usapkanlah tangan ke wajahmu (HR. Abu Daud).
2. Percaya DiriDari Abi Ghurairah ra berkata, Rosulullah saw bersabda : berdo'alah kepada Allah dengan penuh keyakinan akan di ijabah, ketahuilah sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan Do'anya orang yang berhati lalai (HR. Turmuzi).
3. Dimulai dengan hamdalahDari Fudholah bin Abi Ubaid ra berkata, Rosulullah saw mendengar seorang laki-laki berdo'a dalam sholatnya dan tidak membaca sholawat kepada nabi saw, lalu beliau bersabda, cepatlah ini, lalu berdo'alah kemudian berdo'a kepadanya, lalu beliau bersabda :Apabila berdo'a salah satu diantaramu, maka mulailah dengan hamdalah dan pujian atas-Nya, kemudian bacalah sholawat atas nabi saw, setelah itu berdo'alah sekehendakmu (IKHROJUHU ASHABIL HADIST).
 4. Merendahkan DiriBerdoalah kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut, sesungguhnya Allah tidak menyukai mereka yang melampaui batas (QS. 7 :55).Katakan : siapa yang dapat menyelamatkan kamu dalam kegelapan di darat dan di laut? Kamu berdo'a kepada-Nya dengan merendahkan diri dan lirih (QS. 6 :63).
5. Do'a diakhiri dengan aamiinsabda Rosulullah saw Dari Abi Mushib Al Quro'i dari Abu Zuhiroh An Namir ia berkata : kami bepergian pada suatu malam bersama Nabi saw, lalu menemui seorang laki-laki yang serius dalam menghadapi masalah, Rosulullah saw berhenti mendengar itu, kemudian bersabda : jawablah, jika sudah selesai, di katakan, dengan apa untuk menyelesaikan ya Rosulallah? Beliau menjawab dengan "aamiin", lalu meneruskan perjalanannya, konon dikatakan bagi laki-laki itu, demikian hai fulan ucapkanlah aamiin, dan biwarakeun (HR. Abu Daud)

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Backup Data Dokumen Pemuda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger