Home » » 006. SEKILAS TENTANG SHOLAT JUMAT

006. SEKILAS TENTANG SHOLAT JUMAT


SHOLAT JUMAT

Sholat Jumat adalah salah satu sholat yang diwajibkan atas umat muslim laki-laki. Sholat Jumat ini dilakukan pada waktu dzuhur pada hari Jumat. Setiap laki-laki muslim yang sudah baligh memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat Jumat, sedang untuk umat muslim perempuan, sholat Jumat ini tidak wajib.
Sholat Jumat dikerjakan sebanyak dua rakaat, dengan didahului oleh khutbah Jumat. Khutbah Jumat ini menjadi salah satu syarat sahnya sholat Jumat. Sholat Jumat, selain merupakan perintah Allah, juga merupakan sunnah Rasulullah saw. Dasar hokum sholat Jumat diantaranya adalah:
“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumu’ah : 9).
“Jumat itu suatu kewajiban atas tiap-tiap muslim dengan berjama’ah kecuali empat orang yaitu : hamba sahaya, perempuan, anak-anak dan orang sakit.” (HR.`Abu Dawud dan Al-Hakim).

Sholat Jumat adalah kewajiban atas tiap-tiap muslim dalam jamaah kecuali lima orang: hamba sahaya, wanita, anak kecil dan orang sakit dan musafir”.
“Hendaklah orang-orang itu berhenti dari meninggalkan sholat Jumat atau kalau tidak, Allah akan menutup hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang yang lalai.” (HR. Muslim)
“Sungguh aku berniat menyuruh seseorang (menjadi imam) sholat bersama-sama yang lain, kemudian aku akan membakar rumah orang-orang yang meninggalkan sholat Jumat.” (HR. Muslim)

Syarat Wajib dan Syarat Sah Sholat Jumat
Seperti halnya ibadah lain, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam melaksanakan sholat Jumat. Syarat dalam pelaksanaan sholat Jumat terbagi atas syarat wajib dan syarat sah.
Syarat wajib adalah syarat yang diwajibkan bagi seseorang untuk melaksanakan sholat Jumat. Orang yang tidak dapat memenuhi syarat wajib ini tidak diharuskan untuk melaksanakan sholat Jumat. Sedangkan syarat sah adalah syarat yang harus dipenuhi agar sholat Jumat yang dilaksanakan sah dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammas saw.

Syarat wajib sholat Jumat meliputi:
Islam
Laki-laki
Baligh
Berakal
Sehat
Merdeka
Penduduk tetap (mukim) bukan musafir.

Adapun syarat sah sholat Jumat terdiri dari beberapa hal, yaitu:
Sholat Jumat diadakan dalam satu tempat (tempat tinggal) baik di kota maupun di desa. Tidak sah mendirikan sholat Jumat yang tidak merupakan daerah tempat tinggal atau jauh dari pemukiman penduduk.
Sholat Jumat diadakan secara berjama’ah. Jumlah minimal untuk syahnya sholat
Jumat menurut Imam Syafi‘i dan Ahmad bin Hanbal minimal harus ada 40 orang penduduk setempat untuk melakukan sholat Jumat.
Dalilnya adalah hadits Kaab tentang awal mula dilaksanakannya sholat Jumat. Diterangkan bahwa saat itu jumlahnya 40 orang. HR Abu daud dan Ibnu Majah. Masih menurut mereka, belum ada nash yang tsabit yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW sholat Jumat dengan jumlah jamaah kurang dari 40 orang.
Hendaklah dikerjakan pada waktu zhuhur.
Dari Anas bin Malik ra. Rasulullah SAW sholat Jumat ketika telah tergelincir matahari. (HR. Al-Bukhori).

Diawali dengan dua khutbah.
Dari Ibnu Umar ra. Rasulullah berkhutbah pada hari Jumat dua khutbah dengan berdiri dan beliau duduk di antara kedua khutbah itu. (HR. Bukhori dan Muslim)

Sunnah Sholat Jumat

Ada beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan sebelum sholat Jumat, yaitu:
Mandi
Memotong kuku dan kumis
Memakai pakaian yang rapi dan bersih (warna putih lebih utama).
Memakai wangi-wangian.

“Siapa yang mandi pada hari Jumat dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi Jumat dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudia ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat Jumat maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara Jumat itu dan Jumat sebelumnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).
“Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau pergi sholat Jumat. (HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani).
Berdoa ketika keluar rumah.
Segera menuju ke masjid dengan berjalan kaki perlahan-lahan dan tidak banyak bicara.
Ketika masuk masjid melangkah dengan kaki kanan dan membaca doa.
Melaksanakan sholat sunnah tahiyyatul masjid.
“Apabila seseorang masuk masjid maka hendaklah dia mengerjakan sholat dua rakaat sebelum ia duduk.” (HR. Abu Daud dari Abu Qatadah).
I’tikaf sambil membaca Al-Qur’an, berdzikir atau bersholawat jika khatib belum naik ke mimbar. Jika khatib sudah naik ke mimbar maka hendaklah menghentikan dzikir jahar atau bacaan Al-Qur’an untuk mendengarkan khutbah.

Khutbah Jumat
Sebelum aholat Jumat dilaksanakan, khatib akan memberikan khutbah Jumat, yang menjadi salah satu syarat sah sholat Jumat. Khotbah Jumat ini dilaksanakan sebanyak dua kali, dengan diselingi oleh waktu sejenak, dimana khotib duduk diantar dua khutbah tersebut.

Rukun Khutbah
Mengucapkan pujian kepada Allah, minimal dengan ucapan “Alhamdulillah”.
Mengucapkan dua kalimat syahadat.
Membaca sholawat Nabi.
Berwasiat atau memberi nasihat kepada jama’ah agar bertkwa kepada Allah dan memberikan pelajaran lain sepeti keimanan, akhlak, hukum atau masalah-masalah lain yang bermanfaat bagi jama’ah.
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an pada salah satu khutbah.
Berdoa pada khutbah kedua untuk kaum muslimin dam mu’minin baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal dunia.

Syarat Khutbah
Diklaksanakan pada waktu zhuhur.
Dilakukan dengan berdiri.
Khatib duduk diantara dua khutbah
Khatib harus suci dari hadats dan najis
Khatib harus menutup aurat
Harus keras sehinnga tersengar oleh jama’ah
Tertib

Sunnah Khutbah
Khutbah dilakukan di atas mimbar atau di tempat yang kebih tinggi.
Memberi salam pada awal khutbah pertama sebelum muadzin mengumandangkan adzan.
Duduk sejenak setelah salam (ketika muadzin mengumandangkan adzan).
Khutbah diucapkan dengan kalimat yang fasih, jelas dan mudah difahami.
Khutbah disampaikan tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.
Khatib membaca surat Al-Ikhlas pada waktu duduk diantara dua khutbah.

Ketika khotib sedang membaca khutbah, maka jamaah harus memperhatikan apa yang disampaikan khotib. Dalam sebuah hadits dinyatakan sebagai berikut :
Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW telah bersabda : “Apabila engkau berkata kepada temanmu pada hari Jumat “diamlah” sewaktu imam berkhutbah, maka sesungguhnya telah sia-sialah Jumatmu.” (HR. Al-Bukhori Muslim).

Suriyanto AlMaliki
(mohon koreksinya jika ada kekeliruan)

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Backup Data Dokumen Pemuda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger